Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Sunday, March 30, 2014

Menjadi Tua Sebelum Umurnya




Ada yang aneh dengan diri saya deh, kenapa dimana-mana sewaktu ngobrol dengan yang sudah kenal lama maupun yang baru kenal banyak yang mengira saya itu bocah kelahiran tahun 1980an, wadduuuh tua amat roman-romannya, padahal jujur aja nih kalo ngeliat di KTP sih disitu tertulis Nama Donny Achmadi, Tempat tanggal lahir Bogor 10 Juni 1993, hhe .. :D

Anehnya mereka yang mengira selama ini mengira saya itu bocah kelahiran tahun sekitaran 80an gak Cuma 1-2 orang, buuaannyaak banget yang bilang, entah apa alasannya mereka ngiranya begitu tuh ? :D apakah karena Tampang ?? Gaya Bahasa ?? atau Pola Pikir ??

Jadi nih seperti biasanya kalo saya lagi kenalan sama orang yang baru kenal itu pertama-tama salam, nanya nama, tinggal dimana, ngobrol ngalur-ngidul ngegali objek sedalam-dalamnya macem nanya soal aktivitas, kesibukan sehari-hari, pekerjaan, keluarga, udah nikah belum, jumlah anak, nanya soal umurnya dia kelahiran tahun berapa, terus nanya anak perempuannya umurnya berapa #eeh #modus, pokoknya banyak deh :D

Dan ketika udah dapet jawaban, eeh akhirnya seperti yang diharapkan, yaitu adanya umpan balik dia bales nanya dengan pertanyaan yang sama, sampe akhirnya ketika dia tiba di pertaanyaan “umurnya berapa?” saya pasti langsung cengenges2an sok misterius gitu, dengan jawaban yang udah jadi template sepertinya “tebak, kira-kira berapa?” :D hhe *sok2 misterius* .. gak pake lama deh biasanya jawabannya bisa ditebak pasti sekitar tahun 85-90 sambil negesin “bener gak?”, aseli parah jauh amat melesetnya .. terus seperti biasanya deh saya hanya kasih jawaban dengan cengengesan sambil bilang “yaa yaa yaa .. bisaa jadii :D” tanpa kasih tau jawaban sebenarnya. bukan termasuk bohong kan ? yeay

Entah apa yang bikin mereka spontan kasih tebakan yang meleset jauh, apakah karena faktor tampang ?? gaya bahasa ?? atau pola pikir yah ?? can you explain to me about it sob ? :D

Di 2 Perusahaan tempat bekerja terakhir pun juga begitu kasusnya, disitu saya jadi anak paling bontot, secara umur jauuuh banget sama karyawan yang lainnya, rata-rata mereka itu kelahiran 80an semua, yang kelahiran 90an paling cuman 2 orang (saya dan yang lainnya :D) tapi anehnya mereka itu merasa nyambung kalo lagi ngobrol sama saya, serasa kayak ngobrol sama orang yang seumuran laah, dan pada akhirnya mereka pada shock (kaget) deh waktu saya unjukin KTP “niih liat” *nah loh* :D

Memang secara pribadi saya akui jiwa bocah kelahiran 93 saya rasa2nya udah luntur sekian lama, setelah bertahun-tahun hampir setiap hari diskusi, berorganisasi, beraktivitas dan berada dilingkungan kerja bersama para 80ers. Omongan2, obrolan2, guyonan2 dan curhatan2nya mereka emang beda banget sama bocah 90ers, dari mulai urusan keluarga, anak bini, nafkah, Agama, hobi, kerjaan, politik, masa depan de el el dah. Pantes aja sekarang saya kena imbasnya “Pembunuhan Karakter” :D, karakter jiwa 90ers yang biasanya ngomongin masalah lawan jenis (pacaran), juntrang-juntrung, guyonan gak jelas, ngefutsal, band music, film kartun, organisasi dan tugas2 sekolah/kuliah, kini telah menjadi hal yang tabu dan asing di telinga :D *seriusan*

Mungkin memang ada yang sepintas nebak tahun kelahiran 80an lantaran ngeliat postur tubuh dan tampang, tapi rasa-rasanya kebanyakan sih nebak 80an karena “Pola Pikir” gitu deh, jujur aja nih sob, sekarang kalo saya ngumpul sama temen2 rumah yang seumuran (temen maen gundu waktu kecil :D) itu ketika ngobrol rasanya bener2 gak nyaman, gak betah, gak nyambung, soalnya ngerasa obrolannya kok dari dulu gini-gini aja gak berubah, ngomongin cewek, band music, film kartun, dan guyonannya pun sama deh gak jauh-jauh ngungkit cerita2 lucu yang dulu pernah dirasain, pokoknya bener-bener ngerasa udah gak nyambung deh, makanya kalo lagi dirumah itu jarang keluar rumah, kecuali kalo ada perlu aja.

Dan juga mungkin merasa kehilangan karakter bocah 90ers karena urusan hidup yang lumayan berat, dari beban mikirin urusan problem keluarga, tanggung jawab masalah sekolah adik2, amanah2 di beberapa organisasi, kerjaan2 kantor yang lumayan menguras otak, dan lain-lainnya. Namun semua itu rasa-rasanya menjadi enteng dan nikmat ketika didampingi dengan aktivitas dan tanggung jawab bersama Al-Quran, membacanya, memahaminya, menghafalnya, menjaga hafalannya, mengamalkannya dan menyampaikan keindahan risalah yang ada didalamnya . Ternyata memang betul firman Allah subhaanahu wata’ala, Sabda RasulNya, dan perkataan indah para ‘Ulama bahwa Al-Quran itu selain menjadi Kitab suci yang terjaga, ia juga sebagai Rahmat, obat, penenang bagi hati, pelipur duka lara, teman terbaik, dan pedoman hidup yang solutif atas segala problematika kehidupan, Cobain deh :)

Yaa sebenernya sih bukan menjadi sebuah masalah ketika orang lain mengira saya kelahiran 80an, karena toh memang saya sendiri merasakannya kok , hhe :D

Makanya jujur aja, saya ini orangnya “sangat-sangat-sangat” jarang ada dirumah kalo lagi hari libur (bisa dibuktikan :D ),  bukannya ngeluyur maen gak jelas, tapi lebih kepada ngumpul dan nyari kesibukan yang bermanfaat bersama mereka-mereka yang senasib (umur bocah pikiran dewasa -atau sok dewasa?- :D) karena ngerasa nyaman dengan mereka, dibandingkan hari libur kerjaannya nongkrong, ngobrol gak jelas sambil maen Pe-es, bukan gaya saya itu mah :D

Namun ketika mulai menuntut ilmu di kampus biru ini (sebut saja LIPIA *nama disamarkan*) justru yang kejadian adalah sebaliknya, saya mengira berkawan dengan orang2 yang seumuran namun nyatanya saya tertipu :D *jadi korban*

Kaget ketika tau bahwa mereka temen-temen sekelas ternyata rata-rata umurnya malah dibawah saya, waaaagh kaget abis kalo ngeliat dari aktivitas-aktivitas mereka,, dan pada akhirnya saya pun jadi mikir, ini sebenernya apakah saya yang memang bener-bener udah tua (beneran) ataukah mereka temen-temen sekelas yang nasibnya itu sama seperti yang saya alami yaitu menjadi “Menjadi Tua Sebelum Umurnya” ?? :D

Di Mushalla Kampus Biru,
30 Maret 2014 / 28 Jumadil Awal 1435H

2 comments:

  1. hehe ka donny.. iyasih ka bener kakak begitu haha -_-v Saya juga ngerasain, tp mungkin gak se-ekstrim kakak

    ReplyDelete
  2. Wek, emang seriusan tik ? masa sih :D
    hhaa, nasib .. nasib,

    ReplyDelete