Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Monday, March 10, 2014

Meninjau Security pada Cloud Provider




Ketika perkembangan era teknologi dalam dunia Teknologi Informasi semakin berkembang ternyata Cloud menjadi sebuah hal yang menarik minat para pengguna dunia IT, dan dengan salahsatu karakteristiknya yang bersifat “scalable”, “pay as you go” menjadi sebuah point yang menambah keluwesan era teknologi yang satu ini untuk membuktikan “where technology enable business”.

Namun disamping keuntungan-keuntungan yang ada pada sistem Cloud ini ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan bagi beberapa perusahaan/organisasi untuk mengadopsi teknologi Cloud dalam operasional sistem mereka, diantaranya yang terpenting adalah mengenai “security on cloud”, bagaimana keamanannya ?

Wajar saja jika hal ini yang masih menjadi pembicaraan ramai dan kekhawatiran soal pengadopsian Cloud bagi sebuah perusahaan/organisasi terutama untuk layanan Public Cloud, karena ketika mereka mengadopsi dan mempercayakan system mereka sepenuhnya berada di “awan”, maka mereka juga sepenuhnya memberikan kepercayaan bahwa “keamaan dan privasi data” mereka sepenunya dilempar ke penyedia layanan Cloud (Cloud Provider).

Maka sangat penting bagi kita dalam memilih dan menentukan Cloud provider. Mungkin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan Cloud Provider, diantaranya:

  1. Data Protection
  2. Sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana system proteksi yang berjalan pada suatu cloud provider, bagaimana mereka menjaga ketersediaan dan privasi data-data yang berjalan pada system cloud mereka, teknologi seperti apa yang digunakan? bagaimana security role yang berjalan dan pembatasan aksesnya seperti apa? dan yang lainnya

  3. High availability
  4. Salahsatu hal terpenting juga dalam Cloud, kita harus memastikan bahwa data kita dapat diakses setiap saat, dimana pun dan kapan pun. Maka dalam hal ini maka kita harus mencari Cloud Provider yang memiliki High availability pada akses internetnya, kita pastikan bahwa ISP yang dimiliki lebih dari 1 ISP untuk koneksi Lokal dan internasionalnya. Dan mungkin cara yang termudah untuk mengetahui high availability servicesnya adalah dengan mengetahui seberapa besar SLA yang diberikan pada Cloud Provider tersebut.

  5. Security Devices
  6. Mengenal perangkat apa yang digunakan oleh sebuah Cloud Provider dalam rangka memberikan solusi keamanan pada system Cloud mereka menjadi sebuah informasi yang wajib kita ketahui, dan kita harus pastikan keberadaannya, bagaimana kita bisa mempercayai sebuah Cloud Provider yang didalam infrastruktur mereka tidak terdapat perangkat security untuk menangkal aktifitas penyerang ?? padahal isu DDOS, Brute Force, serta tindakan hacking/cracking lainnya masih menjadi momok yang sangat mengkhawatirkan hingga kini.

    Oleh karena itu, sebaiknya kita memilih Cloud Provider minimal yang sudah memiliki Network Security Devices seperti Firewall dan anti DDOS pada infrastruktur mereka, serta pastikan bahwa devices yang digunakan sudah teruji dan terbukti baik secara performa maupun kualitasnya.

  7. Multi-Tenancy
  8. > Pada system Cloud Computing, virtualisasi umunya secara fisik berjalan pada mode resource sharing , banyak Virtual Machine yang berjalan pada resource yang sama, maka kita harus pastikan bahwa sebuah Cloud Provider menggunakan teknologi yang dapat memastikan data kita tidak bocor kepada penyewa yang lain.

Mungkin itu sedikit sharing dari saya mengenai beberapa hal yang sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kita dalam menentukan dan memilih sebuah penyedia layanan Cloud (Cloud Provider) dari sisi Kemanan teknologi Cloudnya.

Published via:
Blog Indonesian Cloud: Meninjau Security pada Cloud Provider

0 comments:

Post a Comment