Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Monday, October 1, 2012

Sosok-sosok Dambaan



Siapa yang tak kenal seorang manusia bernama Abu bakar Ash-shiddiq ? sosok manusia yang peringainya selalu menjadi dambaan para pemburu kebaikan, sosok manusia yang tak henti-hentinya menjadikan segala apapun yang ia punya untuk dimanfatkan dan dijadikan berbagai ladang amal-amal shaleh hingga terasakan manfaatnya oleh kaum muslimin kala itu pada zamannya, sosok yang sangat disayangi oleh Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam karena ketaqwaannya dan semangatnya yang sangat tingi dalam melakukan segala macam kebaikan, hingga terucap dalam sabda Nabi yang mulia 

Sesungguhnya Allah telah menjadikanku sebagai kekasih-Nya, sebagaimana Dia menjadikan Ibrahim sebagai kekasih-Nya. Dan kalau saja aku mengambil dari umatku sebagai kekasih, akan aku jadikan Abu Bakar sebagai kekasih.” (HR. Bukhari dan Muslim)
.

Siapa yang tak kenal sosok Umar ibn Khattab ? sosok lelaki pemberani, tegas dan penuh dengan jiwa berkorban, seorang yang peringainya sangat berhati-hati dalam mengambil sebuah keputusan, sosok yang Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam gelari dengan sebutan "Al-Faruq", sosok yang ditakuti oleh para musuh-musuh Allah baik dari kalangan manusia maupun kalangan jin, dan sosok yang tak pernah gentar dalam mempertahankan izzatul islam (kemuliaan Islam), hingga tercatat dalam sejarah ketika kaum muslimin hijrah maka mereka hijrah dalam keadaan bersembunyi, tak ada seorangpun yang berani hijrah secara terang-terangan kecuali Umar ibn Khattab, dan ia dengan sangat berani mendatangi ka'bah kala itu dengan sebilah pedang ditangannya dan sambil menopang panah dibahunya, kemudian menyempatkan diri untuk thawaf sebanyak 7 kali dan shalat sunnah 2 Rakaat di maqam ibrahim setelahnya dan berujar kepada kaum Quraisy yang sedang berada dihalamannya dengan sangat berani ia mendatangi perkumpulan mereka satu persatu dan berkata,” 
 Barang siapa orang yang ibunya merelakan kematiannya, anaknya menjadi yatim dan istrinya menjadi janda, maka temuilah aku di belakang lembah itu.  

Subhaanallah, seakan-akan label "Pentolannya kaum  Muslimin" dinobatkan kepadanya..


Siapa yang tak kenal seorang manusia bernama Utsman ibn 'affan ? sosok seorang yang sangat kaya, namun label dermawan pun disematkan kepadanya, sosok seorang manusia yang didengarkan perkataannya baik sebelum maupun sesudah masa jahiliyahnya, sosok seorang yang tak pernah melakukan perbuatan keji, menyembah patung dan meminum khamr (arak) baik sebelum dan sesudah masa jahiliyahnya padahal saat itu merupakan hal yang teramat lumrah bagi seseorang untuk melakukannya, sosok yang tak pernah ragu mengeluarkan beribu-ribu dinar simpanan miliknya digunakan untuk kemudahan kaum muslimin, sosok yang sangat pemalu, hingga Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam berujar 
"Bagaimana aku tidak merasa malu dari seseorang yang malaikat saja merasa malu kepadanya"
 sosok yang memiliki kecintaan yang besar kepada Al-Quran, namun dengan sangat tragis, kaum Khawarij melakukan perencanaan pembunuhan kepadanya, hingga ia meninggal terbunuh ketika berinteraksi dengan Al-Quran sampai-sampai tetesan darahnya mengenai lembaran-lembaran Al-Quran yang sedang dibacanya kala itu. 

Siapa yang tak kenal seorang manusia bernama Ali bin Abi Thalib ? sosok pemuda yang dengan akal sehatnya menyatakan keislamannya dihadapan Rasulullah sejak 11 tahun, sosok seorang shahabat yang terkenal dengan kezuhudannya, tak hanya itu ia pun dikenal memiliki kecerdasan yang luar biasa, hingga Rasulullah katakan, jika aku adalah kotanya ilmu, maka Ali adalah pintunya, sosok yang juga melekat kepadanya label pemberani; ketika malam hari Rasulullah dan beberapa kaum mukminin dikepung oleh pemuda dari berbagai kabilah arab untuk membunuhnya di tempat tidurnya, maka Ali dengan sangat berani menggantikan Rasulullah untuk menggantikannya tidur di tempat tidurnya, sosok yang menjadi dambaan para suami yang shaleh agar bisa mengikuti lagkah-langkah kehidupannya, dialah Ali bin abi thalib yang Rasulullah shalallahu 'alaihi wasalam berujar kepadanya "Anta minni wa ana minka" (engkau bagian dariku dan aku bagian darimu) ..


merekalah para pendahulu berbagai macam kebaikan, merekalah para pendahulu sosok dambaan, merekalah para pendahulu potret kebanggaan umat ini, merekalah para pendahulu pelopor berbagai amal-amal shaleh dan merekalah para pendahulu yang Allah sangat mencintainya dan merekapun mencintai Allah dengan sangat amat ..

 وَالسَّابِقُونَ الأوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالأنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الأنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ
"Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan Ansar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah rida kepada mereka dan mereka pun rida kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. (Qs. At-Taubah ayat 100)


Begitulah para sosok Dambaan, para sosok yang disematkan kepada mereka semua dengan berbagai label-label kebaikan, memang begitulah ujung dan akibat dari sebuah amal shaleh, ia akan meninggikan derajat para tuannya, bukan hanya di Akhirat nanti, tapi di dunia pun menjadi tinggi nama mereka walaupun sama sekali mereka tak mengejarnya dan bukan itu yang menjadi tujuan hidupnya.

Maka jadilah pelopor kebaikan !!

0 comments:

Post a Comment