Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Thursday, October 18, 2012

Eksplorasi kecanggihan Al-Quran


Fenomena kecanggihan teknologi agaknya bisa dijadikan sedikit ibrah yang bisa dituangkan kepada ibrah akan kondisi masyarakat terhadap Al-Quran, kalau kita perhatikan nih, hampir setiap manusia kini memiliki barang canggih yang bernama handphone, tak peduli siapa mereka, para orangtua, anak muda, bahkan sampai anak-anak pun kini mulai banyak yang memiliki barang canggih tersebut.

para pekerja, karyawan, businessman memanfaatkan barang canggih bernama handphone tersebut untuk beberapa fungsi dan tujuan tertentu, misalnya untuk berkomunikasi ngomongin soal pekerjaan, bisnis maupun yang lainnya, baik itu memnggunakan layanan SMS, Email, Jejaring Sosial, BBM, dan sebagainya, beda lagi dengan para ABG yang menggunakan barang canggih tersebut untuk chatting-chattingan, smsan sama temen-temenya atau kepada pacar mereka (kalau untuk pacaran ini yang salah) atau yang lainnya, ada juga anak-anak yang memiliki barang canggih tersebut cuma untuk bisa mendengarkan musik, radio, foto-foto, just it! Mereka belum terlalu membutuhkan fungsi komunikasi pada barang canggih tersebut (yang penting buat have fun aja.

Tingkat pemahaman seseorang akan barang canggih tersebut berupa handphone juga ternyata mempengaruhi tingkat eksplorasi seseorang untuk menggali lebih dalam fungsi dan penggunaan handphone tersebut, contohnya aja nih kita ambil sample handphone cangih keluaran terbaru semacam Iphone 5, Samsung Galaxy S3, dll. Ada yang cuma bisa menggunakannya hanya untuk Telpon dan SMS (just it, no more), karena yang mereka tau itu kalo handphone itu yaa yang penting bisa telpon dan sms gak lebih, ada juga yang bisa memanfaatkannya lebih dalam yaitu dengan SMS, Telp, kamera (just it, no more), ada juga yang agak lebih mendalam, untuk Telp, SMS, kamera, dengerin music, radio (just it no more), ada lagi yang lebih trendy, disamping itu semua ia pun bisa memanfaatkan handphone terbarunya untuk internet dan browsing (chatting, jejaring sosial, baca2 berita2 di internet, dll) agak trendy dan gaul sih, tapi ternyata disamping itu ada lagi yang bisa memanfaatkannya juga untuk menghasilkan uang dari internet dengan memanfaatkan handphone terbaru dengan tipe yang sama. aneh kan ?? ternyata benar, tingkat pemahaman seseorang akan kegunaan suatu barang ya pasti akan mempengaruhi tingkat eksplorasi pemanfaatan dengannya.

Begitu pula dengan Al-Quraanul kariim, kitab yang Allah turunkan dengan berbagai kemuliaan dan berbagai fungsi rahmat, hidayah, penyembuh, petunjuk, kabar gembira dan lainnya sebagaimana yang Allah firmankan didalam kalamNya (Al-Quran) maupun didalam hadits2 nabi Muhammad Shalalahu 'alaihi wasallam yang mulia yang sangat banyak tersebar diberbagai kitab-kitab para ulama. ternyata itu semua juga hanya bisa dimanfaatkan potensi yang banyak tersimpan didalamnya oleh orang-orang yang memang memiliki keilmuan akan Al-Quran itu sendiri. Buktinya, sebagaimana firman Allah subhanahu wata'ala

ذَلِكَ الْكِتَابُ لا رَيْبَ فِيهِ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (Qs. Al-Baqarah ayat 2) 

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman. (Qs. Yunus ayat 57)


Bahwasanya yang bisa merasakan fungsi Al-Quran berupa petunjuk itu hanyalah para muttaqiin, mu'miniin, ya jelas mereka bisa merasakan fungsi Al-Quran berupa petunjuk, kabar gembira, rahmat, penyembuh penyakit bagi hati, dll  karena mereka itulah orang-orang yang memiliki pemahaman berupa berbagai ilmu yang ada didalamnnya dan ditambah pula dengan kekuatan iman akan Al-Quran itu sendiri, sehingga pada akhirnya orang-orang yang memiliki sebuah pemahaman berupa Ilmu yang mendalam ditambah dengan keimanan inilah yang disebut Al-Ulamaa', maka merekalah yang pada akhirnya merasakan sebuah kenikmatan berupa rasa Takut kepada Rabbnya, inilah hakikat dari terkombinasinya 2 hal, antara Ilmu dan iman maka akan menghasilkan 'Amal, dan salah satu 'Amal yang tercipta adalah rasa Takut kepada Allah subhanaahu wata'ala,

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ
Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama (Qs.Fathir ayat 28)

maka, kalau mereka saja yang Allah gelari muttaqin, mu'minin, muhsinin dan lainnya dapat merasakan kenikmatan yang dahsyat, bagaimana dengan kita ?
seberapa dalam keilmuan yang kita miliki terhadap Al-Quran ? membuktikan seberapa dalam kita bisa mengeksplorasi berbagai macam fungsi yang terkandung didalamnya .

ada diantara kita yang hanya bisa menjadikan Al-Quran hanya sebagai bacaan semata tak lebih, walaupun ini pun sudah terbilang baik dimata Allah, diantara 3 hal yang Allah sebut sebagai perniagaan yang tiada merugi

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ
Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, (Qs.Fathir ayat 29)


Walaupun itu dimata Allah merupakan sebuah kebaikan, namun sangat disayangkan kalau hanya itu yang bisa ia lakukan sebagai slah satu bentuk eksplorasinya terhadap Al-Quran padahal yang terkandung didalamnya sangat lebih daripada sekedar menjadi sebuah bacaan, sebagaimana halnya seseorang yang memiliki handphone canggih, namun penggunanya hanya bisa memanfaatkan fungsinya cuma sekedar untuk SMS dan lakukan Panggilan, yaa sayang banget yaa ..

bagaimana dengan anda ??

0 comments:

Post a Comment