Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Wednesday, August 3, 2016

Pengenalan VMware NSX


Sepertinya postingan ini agak terlambat, karena postingan sebelumnya sudah saya bahas beberapa hal yang agak teknis, hhe. Tapi tidak mengapa, hanya sekedar melengkapi agar menambah lengkapnya postingan pembahasan.
VMware NSX adalah sebuah platform Networking and Security Virtualization dimana fungsi-fungsi yang common didalam networking seperti routing-switching dan didalam Security seperti Firewall, VPN dan lainnya kini dapat dijalankan secara virtualized didalam software. Dengan memvirtualisasikan network maka NSX menawarkan operasional networking yang baru dimana pengelola system dan Jaringan dapat mengatur system mereka dengan topologi yang semakin kompleks dan mendukung multi-tier, dan juga dengan fungsi Layer 2 sampai Layer 7 (OSI Layer) yang kini berjalan didalam software (programmable) membuat network dapat dikembangkan dan di-provision secara cepat dan fleksibel.
Selain itu juga karena fungsi network yang berjalan diatas software, maka ia dapat dioperasionalkan dan dikembangkan tanpa mengalami hambatan-hambatan sebagaimana hambatan dan kendala yang terdapat pada Jaringan yang ada diatas hardware-based, seperti kendala scalability, availability, end-of-life product dan cost maintenance yang mahal. Kendala-kendala seperti itulah yang membuat beberapa perusahaan kini mulai aware terhadap teknologi “Network Virtualization” ini dan secara perlahan mulai beralih untuk mengimplementasikan teknologi tersebut, diantaranya menggunakan VMware NSX.
Melihat dari beberapa tahun ini, sepertinya VMware telah sukses mengembangkan productnya untuk fokus di SDDC (Software Defined Data Center), dimana telah sukses menghasilkan product inovatif dan disruptif untuk level Compute (vSphere, ESXi) dan Storage (vSAN), kini mereka telah melengkapinya untuk pilar Networking and Security yaitu VMware NSX.
NSX-Overview
Didalam NSX terdiri dari banyak fitur network yang bersifat logical, seperti: logical switching, logical router, logical firewall, logical load balancer, logical VPN dan rule-rule security yang terdistribusi keseluruh host, Dengan begitu Kita dapat membuat layanan dari fitur-fitur tersebut secara custom yang disesuaikan dengan kebutuhan system kita.
Dan juga perlu diingat, bahwa fitur-fitur yang ada didalam NSX tersebut dimanage secara independent  dari physical network device (switch/router), sehingga untuk implementasinya tidak perlu lagi menunggu tim networking membuat konfigurasi tambahan baru untuk setiap layanan dan fitur yang akan digunakan, sehingga hal tersebut akan membuat sebuah layanan ter-deliver semakin cepat!
Oh iya, untuk komponen inti yang ada pada VMware NSX ada 2, yaitu: NSX Manager dan NSX Controller.
Ø  NSX Manager
NSX Manager merupakan salahsatu hal terpenting yang ada untuk solusi “NSX for vSphere” (karena NSX juga tersedia di hypervisor lainnya). NSX Manager menyediakan management-plane yang dapat menghandle konfigurasi NSX di seluruh datacenter secara terpusat. Untuk cara kerjanya, NSX manager selain menyediakan User-interface (Web GUI), ia juga menyediakan API (Application Programming Interface) untuk melakukan konfigurasi ke beberapa komponen NSX yang ada didalamnya.
Ø  NSX Controller
Berbeda dengan NSX Manager yang berfungsi sebagai management plane, NSX Controller merupakan komponen inti didalam VMware NSX yang berfungsi sebagai control plane, controller ini yang akan mendistribusikan informasi mengenai virtual network yang ada di NSX secara konsisten ke seluruh host. Dikarenakan kinerjanya yang sangat critical, maka controller ini harus dideploy secara cluster untuk redundancy dan availability.
Penjelasan lebih lanjut untuk implementasi keduanya akan kita bahas pada postingan selanjutnya. Stay tuned ! :)
Cheers !

0 comments:

Post a Comment