Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Thursday, July 28, 2016

Persiapan implementasi VMware NSX


http://1.bp.blogspot.com/-mV2wpdbpung/U58-Q161OsI/AAAAAAAAVJs/T6Y8cBj0x28/s1600/nsx.png
Sebelum kita melakukan instalasi VMware NSX, terdapat beberapa pra-syarat dan kebutuhan yang harus dipenuhi sebelum menginstall VMware NSX. Untuk lebih jelasnya berikut saya coba sebutkan beberapa hal yang harus dipenuhi agar instalasi NSX dapat berjalan dengan baik:
  1. Konfigurasi vCenter Server sudah berjalan dengan baik, untuk jumlah clusternya dapat disesuaikan dengan kebutuhan sesuai design, hanya saja dalam beberapa real production setidaknya dibutuhkan (minimum) 2 Cluster, yaitu: Cluster Management dan Cluster Compute
  2. Memiliki browser yang dapat menjalankan vCenter Web Client, dikarenakan NSX hanya bisa diakses melalui vCenter Web Client dan tidak dapat diakses melalui vSphere Client.

Berikut beberapa browser yang mendukung untuk vCenter Web Client:
  • Microsoft Internet Explorer 8, 9 (64-bit only), and 10
  • Google Chrome yang ter-update, atau minimum 1 versi ketika dibuatnya NSX 6.0
  • Mozilla Firefox yang ter-update, atau minimum 1 versi ketika  dibuatnya NSX 6.0

  1. Untuk instalasi NSX ini akan menggunakan Distributed Virtual Switch (dvSwitch), jadi pastikan seluruh cluster yang ada didalam vCenter sudah terkoneksi dengan dvSwitch secara benar, terutama untuk konfigurasi uplinknya ke physical switch.
  2. Untuk NSX dari versi 6.0, minimum persyaratannya adalah menggunakan VMware vCenter 5.5 atau yang lebih terbaru, untuk selengkapnya dapat dilihat dari table interoperability matrix dibawah ini:
  1. Jika ingin menggunakan mode VXLAN unicast, maka minimum ESXi hypervisor yang digunakan adalah versi 5.5, dikarenakan mode unicast baru disupport mulai dari ESXi 5.5, sedangkan jika masih menggunakan versi ESXi dibawah 5.5 maka harus menggunakan VXLAN dengan mode multicast, dan jika menggunakan mode multicast maka pada seluruh physical switch harus diaktifkan fitur multicastnya (IGMP, PIM).
  2. NTP Server sudah dikonfigurasi dengan benar, dan pastikan seluruh komponen VMware mulai dari ESXi hypervisor, vCenter Server, NSX Manager dan lainnya “Time” nya sudah tersinkronisasi dengan benar dan akurat.
  3. DNS Server juga sudah dikonfigurasi dengan benar, hal ini untuk memastikan “name resolution” dapat bekerja dengan baik ketika kita melakukan penambahan host berdasarkan FQDN, bila tidak maka vCenter tidak dapat meresolve IP address dari host tersebut.
  4. Pastikan resource yang kita gunakan terutama pada cluster Management cukup untuk kita deploy seluruh komponen-komponen VMware NSX. Untuk lebih jelas mengenai sizing komponen NSX dapat dilihat pada postingan sebelumnya: Sizing VMware NSX Components
  5. Pastikan besar MTU port Physical Switch dan distributed Virtual Switch (dvSwitch) sudah diset lebih besar dari 1550, sebaiknya minimum gunakan size MTU-nya sebesar 1600 MTU. Dikarenakan terjadinya enkapsulasi paket UDP pada VTEP (VXLAN tunneling Endpoint) antar host untuk traffic VXLAN.

Demikian beberapa prasyarat yang seharusnya dipersiapkan sebelum melakukan implementasi VMware NSX agar instalasi yang dilakukan semuanya berjalan dengan lancar, dan untuk langkah-langkah instalasi VMware NSX selanjutnya akan dijelaskan pada postingan berikutnya.
Kindly please put your comment, suggestion or question in comment below ☺

28 July 2016
Donny Achmadi

0 comments:

Post a Comment