Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Thursday, July 21, 2016

Menjalankan Multiple Profile OpenVPN di Windows


Untuk menjalankan beberapa profile OpenVPN dalam waktu yang bersamaan memiliki kendala pada TAP-Adapter nya, dimana setiap session tunnel OpenVPN menggunakan 1 TAP-Adapter, sementara jika kita menginstall OpenVPN di Windows maka secara default akan terinstall hanya 1 TAP-Driver saja.
Maka, untuk dapat menjalankan beberapa profile OpenVPN sekaligus dalam waktu yang bersamaan dibutuhkan jumlah TAP-Driver sesuai jumlah profile yang diinginkan.
Dalam kasus ini, saya membutuhkan 2 profile OpenVPN yang harus dijalankan bersamaan, maka existing sudah terdapat 1 TAP-Adapter selanjutnya hanya tinggal menambahkan (meng-install) 1 TAP-Adapter lainnya.
Berikut langkah-langkah untuk menambahkan (menginstall) TAP-Adapter pada Windows 7:
  1. Buka icon windows, dan ketikkan CMD atau command prompt:
Atau juga bisa dengan membuka “Run” dan ketikkan “cmd”

  1. Apabila sudah muncul hasil pencarian dari cmd, maka klik kanan pada command prompt dan pilih “Run as administrator”

  1. Masuk ke direktori C:\Program Files\TAP-Windows\bin, dan jalankan file “addtap.bat”
C:\Users\donny\AppData\Local\Temp\SNAGHTML100f0d8.PNG
Apabila muncul alert, maka klik allow untuk mengizinkan proses instalasi TAP-Adapter baru, tunggu sebentar sampai proses instalasi selesai yang ditandai dengan pesan “Drivers installed successfully”.
Silahkan di-check sekarang TAP-Adapter sudah terlihat muncul 1 TAP-Adapter baru.
Sampai tahap ini sudah selesai, dan kini sudah dapat menjalankan 2 Profile OpenVPN sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Jika dibutuhkan untuk menjalankan lebih dari 2 profile sekaligus (misalnya: 4 profile) maka tinggal lakukan saja instalasi TAP-Adapter selanjutnya menggunakan langkah yang sama sebanyak yang dibutuhkan.

Thank you.
Donny Achmadi



0 comments:

Post a Comment