Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Monday, July 18, 2016

Sizing VMware NSX Components


http://4.bp.blogspot.com/-sT35PwnvQcw/Vo_mfda0eEI/AAAAAAAAABU/j54Bo5pmoVM/s1600/comp.png

VMware NSX memiliki cukup banyak komponen-komponen yang ada didalamnya, untuk melakukan implementasi VMware NSX kita membutuhkan resource yang cukup besar untuk mendeploy seluruh komponen-komponen yang ada.
Beberapa saat yang lalu saya agak kesulitan melakukan implementasi VMware NSX dikarenakan sizing tiap komponen yang ternyata beragam dan beberapa komponen membutuhkan hingga 3x VM (NSX controller) sesuai best practice dari VMware.
Dari beberapa sumber resmi dan non-resmi, berikut saya buat sizing komponen VMware NSX dalam table berikut:
Komponen
Size
CPU
RAM
Disk
NSX Edge Service Gateway (ESG)
Compact
1
512 MB
512 MB
Large
2
1 GB
512 MB
Quad-L
4
1 GB
512 MB
XL
6
8 GB
4.5 GB
NSX Manager
Standard
4
12 GB
60 GB
Large Scale
8
24 GB
60 GB
DLR Control VM
1
512 MB
500 MB
NSX Controller
4
4 GB
20 GB
Guest Introspection
2
1 GB
4 GB
NSX Data Security
1
512 MB
6 GB per ESXi host
Sesuai best-practice dari VMware, dimana jika jumlah environment hypervisor kita lebih dari 256 host, maka sangat direkomendasikan untuk me-resize NSX manager dari size standard-default menjadi Large scale (8 vCPU, 24 GB Memory).
Untuk NSX Edge, jenis size yang di deploy berbanding lurus dengan performance dan capacity dari NSX Edge itu sendiri, terutama untuk besar throughput, jumlah VPN tunnel, dan concurrent connection. Untuk detail performance matrix NSX edge saya akan coba share pada postingan yang lain.
Untuk NSX Controller jumlah unit yang dideploy adalah bilangan ganjil (1, 3), namun untuk didalam production harus mendeploy 3 NSX controller untuk redundancy dan failover, sehingga jika suatu saat salah satu NSX Controller mengalami failure controller yang lainnya akan takeover agar tidak terjadi downtime pada system.

More information:
Reference Design: VMware NSX for vSphere (NSX) Network Virtualization Design Guide:https://www.vmware.com/files/pdf/products/nsx/vmw-nsx-network-virtualization-design-guide.pdf 
--

Depok, 18 July 2016
Donny Achmadi

2 comments:

  1. terimakasih banyak ,
    btw ada contoh design topolgy nya ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk design topology nya saya belum sempat buat,
      mungkin nanti saya coba buat postingan sendiri untuk skenario design topology LAB NSX yang saya buat. :)

      Delete