Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Saturday, August 20, 2016

Pengenalan dan Instalasi NSX Manager


https://lh5.googleusercontent.com/qIZYJ558q8MYSxoKtXScc-_SCNjmZIIya3uYrRc6zm_PrJRUjIXOoJLbFg1LW-M0tMbuVEcTgmBRKqGdfuu7kylEhCzFJcEghiFTws7e_8i4Vh20Lcan-iRKlm8C0M-DXRzLem6vRl-YmzYoyg
Baiklah, kali ini kita coba mulai sedikit membahas beberapa komponen penting didalam VMware NSX mengenai fungsi kerja dan how to install nya agar environment NSX dapat berjalan dengan baik. Dan untuk post kali ini yang kita akan coba bahas adalah komponen NSX Manager.
NSX manager adalah sebuah komponen terpenting didalam struktur NSX, ia menjadi ‘enabler’ bagi NSX agar dapat berjalan diatas environment VMware vSphere. Walaupun juga ada versi lain dari NSX untuk hypervisor (multi-hypervisor) seperti Openstack, Cloudstack dan lainnya.
C:\Users\Donny\Documents\Post Blogger\gambar\nsx multihypervisor.png
Namun kali ini kita akan fokus untuk membahas NSX for vSphere yang sudah tentu akan berjalan diatas platform VMware vSphere.
Seperti yang sudah di mention diawal bahwa NSX Manager sebagai ‘enabler’ untuk Network Virtualization Platform (NVP), NSX Manager nantinya yang akan berfungsi sebagai management Plane dimana untuk operasional managemennya ia menyediakan 2 cara, yaitu via Web GUI atau via REST API. Ketika melakukan instalasi NSX Manager, maka ia akan menginstall Add-on pada vCenter Web Client (ingat bahwa NSX GUI based hanya dapat dimanage melalui vCenter Web Client, dan tidak dapat dimanage melalui vSphere Client).
Dan ketika melakukan ‘preparation host’ agar host-host ESXi dapat melakukan fungsi-fungsi NVP maka NSX Manager akan mengsintall beberapa ‘vib’ (module) kedalam masing-masing ESXi host yang di prepared, module yang diinstall antara lain: VXLAN, Distributed Routing, Distributed Firewall dan user world agent.
Pertanyaannya adalah untuk apa module-module tersebut diinstall ? module-module tersebut diinstall agar ESXi host tersebut mampu menjalankan beberapa fitur yang ada pada NSX seperti distributed routing, distributed firewall, dan yang lainnnya berjalan pada level kernel, dengan begitu kita tidak lagi memerlukan layanan tersebut dari physical device karena semuanya mampu dijalankan langsung didalam kernel ESXi host tersebut. Sangat menarik kan ?
Baiklah, selanjutnya kita akan coba explore untuk langkah-langkah instalasi NSX Manager, namun sebelum melakukan instalasi ada beberapa prasyarat yang dibutuhkan:
  1. Sebelum menginstall NSX Manager, pastikan port-port yang dibutuhkan sudah di-allow, untuk detail-detail port yang dibutuhkan ada pada link berikut: Ports and Protocols Required by NSX.
  2. Pastikan storage yang digunakan tersedia pada seluruh ESXi host, sangat direkomendasikan menggunakan shared storage (NFS, iSCSI, dll)
  3. Pastikan kita sudah memiliki alokasi IP address dan mengetahui DNS, Gateway, netmask, dan NTP server yang akan digunakan
  4. Persiapkan distributed network yang akan digunakan, dan pastikan NSX Manager nantinya dapat berkomunikasi ke vCenter dan ESXi host, baik itu dalam 1 subnet atau routed/L3

  • Langkah-langkah Instalasi NSX Manager
Setelah semua prasyarat diatas sudah dipastikan terpenuhi, maka selanjutnya ikuti langkah-langkah instalasi berikut:
  1. Download file appliance .ova untuk NSX for vSphere dari link download VMware berikut: www.vmware.com/go/download-nsx-vsphere
  2. Setelah selesai didownload, kemudian deploy file appliance .ova tersebut melalui vCenter


  1. Masukkan URL file .ova yang sudah didownload, dan kemudian ikuti next-next wizard yang ditampilkan


Click “Accept extra configuration options” untuk dapat mensetting konfigurasi custom untuk IP Address, gateway, dan lainnya.

Untuk storage, sebaiknya gunakan shared storage yang available oleh seluruh ESXi host, dalam rangka redundancy mencegah terjadinya failure system ketika salahsatu host fail.
Dan untuk setup network, pastikan nantinya NSX manager dapat terhubung ke vCenter dan ESXi host.
Konfigurasikan Password, IP Address, netmask, gateway dan NTP server yang sesuai, untuk kemudahan manajemen sebaiknya aktifkan juga SSH untuk kemudahan troubleshooting.
Jika semuanya sudah, review sekali lagi konfigurasi NSX Managernya, kemudian finish untuk mendeploy NSX Manager ke vCenter. Dan tunggu sampai process deployment selesai, dalam tahap ini cukup memakan waktu yang lama, tergantung bandwidth upload dari PC/Laptop kita ke vCenter Server.
…..
Jika sudah selesai, maka kita akses NSX Manager menggunakan browser dengan URL https://
Dan masuk ke Summary, didalamnya terlihat spec yang digunakan, dan pastikan service vPostgres, RabbitMQ, dan NSX Management Services dalam keadaan active/running

  • Konfigurasi NSX Manager
Dari main menu, masuk kedalam Manage vCenter Registration
Didalamnya terdapat 2 entry yang tersedia, Lookup services dan vCenter Server. Yang mandatory untuk dikonfigurasi adalah vCenter Server, hal itu untuk dapat mengintegrasikan NSX ke vCenter server. Konfigurasikan vCenter server dengan IP dan credential yang benar, jika konfigurasi sudah benar, tunggu process sinkronisasi sampai muncul green sign with “connected”
Dengan status “connected”, berarti NSX Manager sudah berhasil melakukan instalasi ke vCenter Web Client, kita bisa lihat dan cek ke vCenter web client. Dan sudah berhasil muncul add-on baru NSX yang bernama “Networking and Security”

Sampai saat ini maka instalasi NSX Manager sudah selesai, dan NSX sudah siap dioperasikan selanjutnya untuk melakukan instalasi NSX Controller, preparation Host, deployment Edge/DLR dan yang lainnya.
Sekian dan Terima kasih

Donny Achmadi

0 comments:

Post a Comment