Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Tuesday, May 31, 2016

VMware NSX Ninja Bootcamp




Kali ini saya akan coba share sedikit mengenai materi yang sempat saya dapatkan ketika ikut Training Vmware NSX Ninja Bootcamp di Singapore (30 May 2016 – 3 June 2016), untuk Training VMware NSX kali ini cukup berbeda dengan training sebelumnya, yaitu VMware NSX ICM (Install, Configure, Manage) yang fokus sesuai namanya, mulai dari instalasi komponen VMware NSX sampai operasionalnya seperti menambah rule firewall, aktivasi dynamic routing dan lainnya.

Namun pada VMware NSX Ninja kali ini materinya cukup advance, session trainingnya diadakan dalam 2 minggu yang berbeda, pada minggu pertama kami belajar untuk fokus di “Troubleshooting and Operation”, dan di minggu kedua lebih fokus ke “Deployment and Design”. 

Sebenarnya untuk NSX Ninja Program ini para peserta betul-betul diarahkan untuk sertifikasi level expert untuk Network Virtualization VMware NSX yaitu VCIX (VMware Certified Implementation Expert), melihat kata-kata expert agak merinding sebenarnya, karena dibenak saya Expert level itu setara dengan apa yang ada pada CCIE (Cisco Certified Internetworking Expert) usahanya berat, belajarnya berat, namun memang jika benar-benar diusahakan dengan serius pasti hasilnya memuaskan :D

Begitu pula lah dengan NSX Ninja Program kali ini, benar-benar Hands-on untuk LAB yang berdasarkan real-world operational dari VMware NSX, sehingga kandidat yang berhasil lulus VCIX sudah terbukti kemampuannya didalam pengelolaan system VMware NSX mulai dari Design, Deployment, dan operationalnya sesuai dengan blueprint skill yang beragam.
Berikut beberapa coret-coretan saya mengenai materi yang saya dapatkan, bukan untuk mengejar apa-apa, tak lain agar ilmu yang sudah didapat tidak hilang begitu saja tertelan kesibukan, hhaa. Dan disamping itu semoga ilmunya bermanfaat buat orang banyak, atau juga bisa jadi bahan contekan saya kedepannya jika ada deployment VMware NSX :D



Don't hesitate to give any input or comment for me :)

Donny Achmadi

1 comment:

  1. Wah keren mas donny, sukses terus rajin2 share tentang NSX ya :D

    ReplyDelete