Self Learner | Information Technology Enthusiast | Hamba Allah

My photo
Pribadi yang berdzikir itu : kalau bicara, bicaranya dakwah, diamnya berdzikir, nafasnya tasbih, matanya penuh ramat Allah, telinganya terjaga, pikirannya baik sangka, tidak suka sinis, pesimis dan tak suka memvonis. . dia tidak sibuk mencari kesalahan orang lain dan asik memperbaiki dirinya . . (Ust.Muhammad Arifin Ilham)

Monday, July 8, 2013

Jadi Network Engineer


 

Iseng-iseng lagi mikir, kenapa sekarang malah jadi Network Engineer (Teknisi Jaringan) yah ??

Banyak denger kabar dari kawan-kawan termasuk juga sanak family, katanya "zaman sekarang gini kalo kerja gak usah neko-neko, gak usah idealis banget pake segala harus kerja sesuai dengan jurusannya ... bla..bla..bla" 

Memang kalo diliat sekarang dimana jumlah terlahirnya SDM baru yang memiliki keahlian tertentu bisa dibilang udah kacangan karena sudah terlalu banyak jumlahnya, sementara jumlah lapangan pekerjaan ayng tersedia itu terbatas, maka sepintas berlaku perkataan mereka itu, "Kerja gak harus sesuai jurusan", toh faktanya banyak diantara kita yang aslinya lulusan Sarjana jurusan Hukum jadi penyanyi, yang Sarjana jurusan Teknik Sipil jadi pengajar umum, yang Sarjana jurusan Matematika jadi Guru Ngaji, dan lainnya. Gak nyambung yaa ? kalo dipikir-pikir ngapain belajar lama-lama sampe 4 tahun tapi udah lulus malah ilmu yang 4 tahun dipelajarin habis-habisan malah gak kepake, hmm, betul juga sih. Tapi, Alhamdulillah kini kata-kata sakti mereka itu ternyata tak berlaku buat saya, hhe

Melihat sejarah perjalanan kehidupan beberapa tahun silam, dimulai dari SMP terus melanjutkan pendidikan ke SMK (Sekolah Menengah Kejuruan), awalnya sempat bingung milih jurusan, kalo ngikutin sesuai hobi sih pokoknya sukanya "Komputer" titik. Nah, gak taunya Komputer sendiri terbagi-bagi lagi tuh beberapa jurusan, ada "Multimedia", "Teknik Komputer Jaringan" dan "Rekayasa Perangkat Lunak". Gak pake mikir-mikir (soalnya belum tahu) akhirnya milih ngambil jurusan Teknik Komputer Jaringan, dan alhamdulillah jurusan yang dipilih ternyata selaras dengan hobi saya selama ini soal komputer. Setelah lulus dari SMK lanjut kuliah ngambil jurusan yang lebih spesifik lagi dari sebelumnya yaitu "Teknik Telekomunikasi", dari SMK sampe kuliah udah menentukan jurusan yang bener-bener udah "passion"nya dibidang Jaringan Telekomunikasi berharap kedepannya bisa dapet kerjaan yang sesuai dengan bidang yang selama ini ditekunin.

Alhamdulillah segalanya Allah mudahkan, belum selesai pendidikan kuliah namun bisa mendapatkan kesempatan pertama kali bekerja di Perusahaan Telekomunikasi penyedia layanan internet (ISP) terbesar di indonesia sebagai "Technical Support"  merupakan awal langkah yang baik dalam pematangan ilmu yang selama ini digeluti yaitu dunia Jaringan Telekomunikasi, walaupun selama bekerja betul-betul terasa lelah ngalamin pahit dan manisnya, maklum pekerja lapangan dan lagipula begitulah beratnya mencari nafkah, hhe. Selama disana setiap hari kerjaannya ke tower-tower BTS (yang warnanya merah-putih itu lho) yang tersebar di are JABODETABEK, bahkan pengalaman saat itu pernah dalam 1 hari kebagian jatah 3 Tower BTS, 1 Tower di daerah Bogor, 1 Tower di daerah Bekasi terus yang 1 Towernya lagi di daerah Tangerang, beeeuuh, rasanya itu lho, selama seharian bertugas berasa mobil operasional itu seakan-akan udah menjadi rumah ke-2 aja, hhe

Bukan itu aja, sebetulnya saya pribadi itu orangnya rada takut ketinggian, hhe. tapi malah dapet job-desknya nanganin Tower BTS yang mau gak mau setiap hari maennya sama ketinggian berpuluh-puluh meter gitu, emang semuanya kudu terpaksa sih, dan kayaknya Allah sengaja nih ngasih kerjaan yang model begini biar saya gak boleh takut sama apapun salahsatunya "ketinggian" kecuali takut hanya kepadaNya, hhaa, lagi husnudzon nih ceritanya :D , dan masih banyak pengalaman-pengalaman hebat lainnya that's so "something" for me, hhe

Berbekal banyak ilmu yang saya dapat dari sana, terus saya berusaha lagi melanjutkan petualangan didunia IT, dan Alhamdulillah lagi kini (tepatnya disaat saya nulis artikel ini) saya diberi kesempatan menjadi seorang "Network Engineer" di sebuah perusahaan IT tepatnya dibidang "Cloud Computing" (Komputasi Awan) IaaS (Infrastructure as a Services) dan SaaS (Software as a Services), memang semuanya berjalan sesuai dengan yang saya harapkan yaitu sesuai bidang yang saya minati. 

Tapi kalo ditanya alasannya kenapa milih pindah kerja padahal sebelumnya gak ada bekal apa-apa udah bisa diterima di perusahaan Telekomunikasi ISP tebesar di indonesia? hmm, yang pertama alasannya sih saya gak nyaman bekerja dengan sistem Outsourcing, yang kedua alasannya lantaran mau nyari ilmu baru untuk nambah-nambah pengalaman, dan yang ketiga alasannya sih udah pasti masalah "Income" di perusahaan yang baru ini lebih gede dibanding perusahaan sebelumnya, hhe, Alhamdulillah, semuanya bisa diterima kan alasannya ? *so pasti lah.

Namun, memang telah menjadi sebuah prinsip yang saya hujamkan bercita-cita menjadi seorang Pengusaha, sebagaimana yang sudah tertera di dalam Curiculum Vitae akan cita-cita saya "Menjadi Pengusaha Sukses yang Hafal Al-Quran dan melahirkan para generasi penghafal Al-Quran". Pengalaman bekerja selama ini bukan menjadi tujuan hidup saya kedepannya untuk terus-menerus selamanya menjadi "Network Engineer", melainkan tujuan saya pada akhirnya berusaha menjadi seorang "Pengusaha" atau bahasa kerennya "Entrepreneur" dan entah berapa lama lagi itu akan kubuktikan. Namun bukan berarti ilmu yang selama ini saya geluti dibidang IT menjadi sia-sia begitu aja nantinya, tapi dengan ilmu yang sudah  saya punya ini menjadi bekal yang InsyaAllah (mohon doanya yaaa) pada nantinya bisa menopang cita-cita saya menjadi seorang pengusaha, mungkin salahsatu jalannya memiliki perusahaan dibidang IT, atau menciptakan pusat pelatihan keahlian dibidang-bidang khusus seputar IT. Amiin, insyaAllah ..


Ditulis 08 Juli 2013
- Puri Imperium - disepertiga malam

3 comments:

  1. terima kasih mas atas sharingnya memotivasi sekali, kebetulan saya lulusan SMK Teknik Komputer Jaringan dan Alhamdulillah mau bekerja di salah satu ISP di Jakarta. mudah-mudahan bisa berbagi ilmu dengan saya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaah, boleh bangeet .. kalau mau ngobrol lebih lanjut bisa kontak ke fb saya ya :)

      Delete
  2. Cerita yang membangun! Keep spirit

    ReplyDelete